-->

Fix 'netbeans not all requested modules can be enabled' di UBUNTU

error netbenas java project

Assalamu'alaikum W.W
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara mengatasi 'netbeans not all requested modules can be enabled' di UBUNTU. Masalah tersebut terjadi saat saya akan membuat project di java di Netbeans. Silahkan baca sambil menikmmatinya :).

A.Pengertian

NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra (dan terus bertambah!). Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama. Saat ini terdapat dua produk : NetBeans IDE dan NetBeans Platform.

NetBeans IDE adalah sebuah lingkungan pengembangan - sebuah kakas untuk pemrogram menulis, mengompilasi, mencari kesalahan dan menyebarkan program. Netbeans IDE ditulis dalam Java - namun dapat mendukung bahasa pemrograman lain. Terdapat banyak modul untuk memperluas Netbeans IDE. Netbeans IDE adalah sebuah produk bebas dengan tanpa batasan bagaimana digunakan.

B.Latar Belakang

C. Maksud dan Tujuan

D. Jangka Waktu

15 Menit

E. Alat Dan Bahan

Koneksi Internet, NetBeans dan PC

F . Pembahasan

Masalah ini kebanyakan terjadi saat Anda menggunakan setting default saat menginstal NetBeans. Akibatnya, file netbeans.conf memiliki lokasi JAVA_HOME yang salah. Masalah ini bisa dengan mudah terselesaikan saat kita memberikan jalur yang benar untuk lokasi JAVA_HOME.

Untuk mencari lokasi JAVA_HOME di terminal buka sistem anda dengan menekan Ctrl + Alt + T. Kemudian di terminal ketik perintah berikut.
env | grep JAVA_HOME
Maka akan muncul JAVA_HOME = / usr / lib / jvm / java-8-oracle. Di / usr / lib / jvm / java-8-oracle adalah lokasi JAVA_HOME.

Sekarang, cari lokasi netbeans.conf. Untuk ini jalankan perintah berikut di terminal.
sudo find/ -name netbeans.conf

Setelah ini masukkan kata sandi Anda. Output akan menjadi sesuatu seperti /home/username/NetBeans/netbeans-8.2/etc/netbeans.conf. Keluar dari perintah running saat ini dengan menekan Ctrl + C.

Salin output dari terminal menggunakan Ctrl + Shift + C dan jalankan perintah berikut dengan kode yang Anda salin.
sudo gedit /home/username/NetBeans/netbeans-8.2/etc/netbeans.conf

Dalam kasus Anda ganti /home/username/NetBeans/netbeans-8.2/etc/netbeans.conf dengan kode yang baru saja Anda salin dengan menggunakan Ctrl + Shift + V.

Perintah di atas akan membuka kode di gedit. Tekan Ctrl + F untuk menggunakan find di gedit dan cari netbeans_jdkhome = "Ini memegang lokasi JAVA_HOME Ganti semuanya setelah netbeans_jdkhome =" dengan lokasi JAVA_HOME yang ada pada langkah 1 di atas. Simpan dan keluar dari file.

Restart NetBeans dan sekarang coba buat proyek baru. Jika tetap tidak berhasil, restart sistem anda dan coba lagi.

G. Kesimpulan

Masalah ini kebanyakan terjadi saat Anda menggunakan setting default saat menginstal NetBeans. Akibatnya, file netbeans.conf memiliki lokasi JAVA_HOME yang salah. Masalah ini bisa dengan mudah terselesaikan saat kita memberikan jalur yang benar untuk lokasi JAVA_HOME.

G. Referensi

https://netbeans.org/index_id.html

Sekian Pembahasan dari saya, jika ada kekurangan saya mohon maaf yang sebesar besarnya.

0 Response to "Fix 'netbeans not all requested modules can be enabled' di UBUNTU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel