-->

Tutorial Menjadi Master HTML part1 : Basic HTML


Assalamu'alaikum W.W

Salam Coding!!!

Sebelumnya kita telah membahas tentang HTML 5 dan Fiturnya, selanjutnya kita akan membahas tentang Tutorial Menjadi Master HTML Part 1 : BASIC HTML. Wahhh keren sekali judulnya :V. Langsung aja ke TekaPe!

Pengertian
Hypertext Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dari World Wide Web (WWW), suatu teknologi inti dari Internet. HTML5 yaitu revisi kelima dari HTML dan hingga masa ini tetap dalam pengembangan dan terus di sempurnakan.

Latar Balakang
Keinginan untuk mempelajari dasar-dasar dari HTML

Maksud dan Tujuan
Mengetahui struktur dasar HTML

Alat dan Bahan
Komputer dan Text Editor

Jangka Waktu Pelaksanaan
15 Menit

Pembahasan
Struktur Dasar HTML
Struktur dasar HTML biasanya digunakan dalam setiap file HTML. Penulisannya juga harus berurutan atau mengikuti standar struktur HTML yang ada. Struktur ini terdiri dari beberapa tag-tag HTML, setiap tag HTML bisa memiliki tag pembuka dan penutup, tetapi ada juga yang tidak memiliki tag penutup.

Berikut struktur Dasar HTML:












Menulis Struktur Dasar HTML
Untuk menuliskan kode HTML kita memerlukan sebuah text editor (notepad, vim, atom dll),bukan wordprosessor seperti Ms Office Word dll.

Penjelasan Struktur Dasar HTML

  • Tag <!DOCTYPE html> 
            Tag ini berfungsi untuk memberitahu kepada web browser bahwa dokumen yang akan diproses adalah HTML
            Jika kita tidak menuliskan <!DOCTYPE html>, browser akan tetap menampilkan dan memproses halaman web kita. Akan tetapi, sebenarnya browser menjalankan HTML pada mode khusus yaitu quirk mode.
           Pada quirk mode, browser akan menerjemahkan halaman web sedikit berbeda dari seharusnya. Ini karena web browsermenganggap bahwa <!DOCTYPE html> tidak ada, maka halaman tersebut termasuk halaman web usang. Agar halaman usang ini tetap tampil dengan baik maka web browser perlu menggunakan aturan-aturan yang berbeda, yakni: quirk mode.

  • Tag <html>
                    Ini adalah tag pembuka dari keseluruhan halaman web. Semua kode HTMLharus berada di dalam tag ini. Tag html dimulai dengan <html> dan diakhiri dengan </html>
  • Tag <head>
             Tag head menjadi tempat untuk menempatan informasi-informasi yang ada atau digunakan didalam file html tersebut, misalnya seperti title, meta, script, dan lain sebagainya.
  • Tag <Body>
              Tag <body> akan berisi semua elemen yang akan tampil dalam halaman web, seperti paragraf, tabel, link, gambar, dll. Tag body ini ditutup dengan </body>. Sebagian besar waktu kita dalam merancang web akan dihabiskan di dalam tag <body> ini.


Kesimpulan
Struktur dasar HTML biasanya digunakan dalam setiap file HTML. Penulisannya juga harus berurutan atau mengikuti standar struktur HTML yang ada.

Sekian dari kami. Terima Kasih

1 Response to "Tutorial Menjadi Master HTML part1 : Basic HTML"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel