-->

Tutorial JavaScript Part1 : Apa itu Javascript?



Assalamu'alaikum W.W
Oke pada kesempatan kali ini rekayasaternaklele akan membahas tentang Tutorial JavaScript Part1 : Apa itu Javascript?

Judul
Tutorial JavaScript Part1 : Apa itu Javascript?

Pengertian
JavaScript adalah bahasa pemrogramman berbasis Website yang dikelola atau diproses berdasarkan komputer user atau clien side. Dengan JavaScript kita bisa membuat tampilan website lebih interaktif, seperti membuat event, animasi, game dan bentuk interaktif lainnya.
Latar Belakang
Untuk menjadi developer web kita perlu belajar JavaScript karena JavaScript merupakan bahasa interaktif sebuah website. Jika HTML diguakan untuk struktur website, CSS untuk desain website, Javascript digunakan untuk interaktif sebuah website. JavaScript juga termasuk  bahasa paling populer di Internet.

Maksud dan Tujuan
Bisa, memahami, mengerti dan dapat menggunakan JavaScript dalam pembutan website

Alat dan Bahan
Text Editor, Koneksi Internet, dan PC

Jangka Waktu
1 Jam

Pembahasan
JavaScript adalah bahasa pemrogramman berbasis Website yang dikelola atau diproses berdasarkan komputer user atau clien side. Dengan JavaScript kita bisa membuat tampilan website lebih interaktif, seperti membuat event, animasi, game dan bentuk interaktif lainnya.

Sejarah
Pada tahun 1995, Brendan Eich seorang programmer dari Netscape mulai mengembangkan sebuah bahasa pemograman script yang dinamakan Mocha. Netscape pada saat itu merupakan perusahaan software ternama yang memiliki web broser Netscape Navigator.

Bahasa script Mocha ini ditujukan untuk client-side dan juga server-side. Dalam perkembangan selanjutnya, nama Mocha diubah menjadi LiveScript untuk versi client-side, dan LiveWire untuk versi server-side.

Navigator sebelumnya telah mendukung Java untuk lebih bisa dimanfaatkan para programmer yang non-Java. Maka dikembangkanlah bahasa pemrograman bernama LiveScript untuk mengakomodasi hal tersebut. Bahasa pemrograman inilah yang akhirnya berkembang dan diberi nama JavaScript, walaupun tidak ada hubungan bahasa antara Java dengan JavaScript.

Terinspirasi dari kesuksesan Javascript, Microsoft mengadopsi teknologi serupa. Microsoft membuat ‘Javascript’ versi mereka sendiri bernama JScript. Lalu di tanam pada Internet Explorer 3.0.

Hal ini mengakibatkan ‘perang browser walaupun memiliki fitur yang mirip, JScript juga menambahkan beberapa fitur tersendiri, sehingga JavaScript dan JScript tidak sepenuhnya kompitable.

Akhirnya pada tahun 1996, Netscape mengirimkan standarisasi ECMA-262 ke Ecma International. Sehingga lahirlah standarisasi kode Javascript bernama ECMAScript atau ES. Saat ini ECMAScript sudah mencapai versi 8 (ES8).

JavaScript bisa digunakan untuk banyak tujuan, misalnya untuk membuat efek rollover baik di gambar maupun teks, dan yang penting juga adalah untuk membuat AJAX. JavaScript adalah bahasa yang digunakan untuk AJAX. Dan AJAX merupakan Library JavaScript. 

Apa itu EcmaScript?

EcmaScript sendiri sebenarnya dilahirkan dari JavaScript asli, sehingga secara fitur, tidak ada perbedaan antara JavaScript dan EcmaScript. Sedangkan untuk versi JScript sendiri, ada sedikit perbedaan namun masih tetap mendukung fitur-fitur yang ada di versi standar EcmaScript. JavaScript yang kita kenal saat ini, adalah EcmaScript versi 5 (ES5). EcmaScript sendiri saat ini sudah sampai versi 6 (ES6/ES2015), namun belum support untuk semua browser. 
Kesimpulan
Jika HTML diguakan untuk struktur website, CSS untuk desain website, Javascript digunakan untuk interaktif sebuah website. 

Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/JavaScript
http://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-javascript-sejarah-dan-perkembangan-versi-javascript/
https://www.w3schools.com

0 Response to "Tutorial JavaScript Part1 : Apa itu Javascript?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel