-->

Inheritas (Pewarisan) OOP PHP

php

Assalamu'alaikum W.W
Sebelumnya kita telah membahas tentang Constrcutor dan Destructor OOP pada PHP. Pada kesempatan kali ini onodasakamichi.blogspot.com akan membahas tentang Inheritas pada PHP. Oke langsung saja cekidot semangat ngoprek.

A.Pengertian

Menurut Wikipedia, PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

B.Latar Belakang

PHP termasuk bahasa pemrograman server side. PHP juga menjadi salah satu bahasa pemrograman yang wajib dikuasi oleh seorang programmer yang ingin menjadi seorang web developer. Hampir semua lowongan kerja web developer mensyaratkan menguasai bahasa pemrogramman PHP.

C. Maksud dan Tujuan

Memahami, mengerti, bisa, dan menguasai Inheritas pada PHP

D. Jangka Waktu

90 Menit

E. Alat Dan Bahan

Koneksi Internet, Text Editor dan PC

F . Pembahasan

Pengertian Inheritas

Inheritas adalah  konsep dalam OOP dimana class dapat menurunkan properti dan method ke class turunanannya. Berfungsi sebagai code reuse untuk menghindari terjadinya duplikasi script. Class yang akan ‘iturunkan bisa disebut sebagai class induk (parent class), super class, atau base class. Sedangkan class yang ‘menerima penurunan’ bisa disebut sebagai class anak (child class), sub class, derived class atauheir class. Properti dan method dengan hak akses private tidak dapat diturunkan. Kata kunci pewarisan adalah extends.

Struktur


class induk {
//parent class
}
class anak extends induk
{
//child class
//property dan method class induk
}

Contoh Penggunaan

<?php
class komputer{
  public $merk;
  public $memory;
  public $processor;
  public function identifikasi (){
    return "Spek komputer baru";
  }
}
class laptop extends komputer {
  public function spek(){
    return "merk: ".$this->merk." memory ".$this->memory." processor ".$this->processor;
  }
}
$laptopku = new laptop();
$laptopku->merk="Lenovo";
$laptopku->memory="8gb";
$laptopku->processor="i5";
echo $laptopku->identifikasi();
echo "<br/>";
echo $laptopku->spek();
 ?>

Keterangan :
  • Induk kelas pada script diatas adala class komputer dengan property $merk, $memory, $processor dan fungsi identifikasi().
  • Kelas laptop merupakan anak dari class komputer. Class anak ini dapat mengakses seluuh property dan method apapun dari class kompute, asalkan memiliki hak kases protected atau public.

 G. Kesimpulan

Inheritas adalah  konsep dalam OOP dimana class dapat menurunkan properti dan method ke class turunanannya asalkan property dan method dalam class induk memiliki hak akses public atau protected.

H. Referensi

https://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-oop-php-pengertian-inheritance-pewarisan/
https://www.w3school.com

Sekian pembahasan mengenai Inheritas, artikel selanjutnya mebahas mengenai constructur dan destructor OOP PHP. Terima kasih sampai bertemu di tutorial selanjutnya. Salam Pantang tidur sebelum code fix (:.

Terkait :

0 Response to "Inheritas (Pewarisan) OOP PHP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel