-->

Mudah Belajar CSS Part 2 : Metode Input CSS ke dalam HTML



Assalamu'alaikum W.W

Judul
Mudah Belajar  CSS Part2 : Metode Input CSS ke dalam HTML

Pengertian
Menurut Wikipedia CSS adalah “kode yang digunakan untuk mendefenisikan desain dari bahasa markup”.Salah satu bahasa markup lainnya HTML.
Secara umum CSS (Cascading Style Sheet) adalah kumpulan kode yang digunkanan untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML maupun XHTML.
Latar Belakang
CSS merupakan salah satu modal dasar jika ingin menjadi web developer. Oleh karena itu, CSS sangat penting untuk dipahami dan dimengerti.

Maksud dan Tujuan
Bisa, mengerti dan memahami sintak-sintak CSS

Alat dan Bahan
Text Editor dan PC

Jangka Waktu
1 Jam

Pembahasan
Secara garis besar, terdapat 3 cara menginput kode CSS ke dalam HTML, yaitu metode Inline StyleInternal Style Sheets, dan External Style Sheets.
External Style Sheet
Metode External Style Sheets digunakan untuk ‘mengangkat’ kode CSS tersebut kedalam sebuah file tersendiri yang terpisah sepenuhnya dari halaman HTML. Setiap halaman yang membutuhkan kode CSS, tinggal ‘memanggil’ file CSS tersebut.
Setiap elemen harus menyertakan referensi ke style sheet eksternal dalam elemen <link> yang berada dalam <head>:
Pada metode link external style sheets ini, kita menggunakan atribut href padatag <link>, yang akan berisi alamat dari halaman CSS, dalam hal ini mystyle.css. Berikut adalah isi dari mystyle.css

Internal Style Sheet
Metode Internal Style Sheets, atau disebut juga Embedded Style Sheets digunakan untuk memisahkan kode CSS dari tag HTML namun tetap dalam satu halaman HTML. Atribut style yang sebelumnya berada di dalam tag, dikumpulkan pada pada sebuah tag <style>. Tag style ini harus berada pada bagian <head> dari halaman HTML. Contoh penggunaan motode internal style sheets CSS:
Namun kekurangan menggunakan  internal style sheets, jika kita memiliki beberapa halaman dengan style yang sama, maka kita harus membuat kode CSS pada masing-masing halaman tersebut. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan metode external style sheets

Inline Styles

Metode Inline Style adalah cara menginput kode CSS langsung ke dalam tag HTML dengan menggunakan atribut style, contoh penggunaan Metode Inline Style CSS adalah sebagai berikut:
Penggunaan tag CSS seperti ini walaupun praktis, namun tidak disarankan, karena kode CSS langsung tergabung dengan HTML, dan tidak memenuhi tujuan dibuatnya CSS agar desain terpisah dengan konten.

Kesimpulan
Jadi ada 3 cara untuk memasukkan script CSS ke dalam HTML yaitu  Inline style, Internal Style Sheets, dan external Style sheets. Namun yg paling kami rekomendasikan adalah menggunakan External Style Sheet karena praktis dan kode terpisah dari HTML.

Referensi

http://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-css-cara-menginput-kode-css-ke-halaman-html/
https://www.w3schools.com/css/css_howto.asp

0 Response to "Mudah Belajar CSS Part 2 : Metode Input CSS ke dalam HTML"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel