-->

Tutorial JavaScript Part 4 : Variabel




Assalamu'alaikum W.W
Oke pada kesempatan kali ini rekayasaternaklele akan membahas tentang Tutorial JavaScript Part 4 : Variabel

Judul
Tutorial JavaScript Part 4 : Variabel

Pengertian
JavaScript adalah bahasa pemrogramman berbasis Website yang dikelola atau diproses berdasarkan komputer user atau clien side. Dengan JavaScript kita bisa membuat tampilan website lebih interaktif, seperti membuat event, animasi, game dan bentuk interaktif lainnya.
Latar Belakang
Untuk menjadi developer web kita perlu belajar JavaScript karena JavaScript merupakan bahasa interaktif sebuah website. Jika HTML diguakan untuk struktur website, CSS untuk desain website, Javascript digunakan untuk interaktif sebuah website. JavaScript juga termasuk  bahasa paling populer di Internet.

Maksud dan Tujuan
Bisa, memahami, mengerti dan dapat menggunakan JavaScript dalam pembutan website

Alat dan Bahan
Text Editor, Koneksi Internet, dan PC

Jangka Waktu
1 Jam

Pembahasan
Variabel adalah tempat menyimpan data atau menampung sebuah nilai.  Sebuah variabel di dalam JavaScript dapat bertipe Angka (Number), String, Boolean, atau yang lainnya. Tidak seperti bahasa pemograman desktop seperti C++, C#,Java dll, di dalam JavaScript kita tidak perlu mendeklarasikan jenis tipe data. Seluruh variabel di dalam JavaScript dapat berisi nilai apapun (tipe data apapun), dan dapat diubah menjadi tipe lain sepanjang program. Jenis pemograman seperti ini dikenal juga dengan Typeless Programming Language seperti PHP.

Untuk mendeklarasi/membuat variabel, gunakanlah kata kunci "var". Pengisian nilai pada sebuah variabel menggunakan tanda "=" (sama dengan). Hal yang baik dan bijak dalam menyimpan variabel pada suatu tempat yaitu di bagian awal kode. Tujuannya adalah kerapihan sehingga kode mudah dibaca dan pada saat ada kesalahan kode yang kita identifikasi ini adalah kesalahan deklarasi, maka kita tahu kode yang tersebut ada dimana.

Aturan dalam penamaan variabel di dalam JavaScript:

  • Karakter pertama harus diawali dengan huruf, underscore (_) atau tanda dollar ($)
  • Karakter kedua dan seterusnya bisa ditambahkan dengan huruf, angka, underscore (_) atau tanda dollar ($).
  • Nama Variabel bersifat "case sensitive"

Contoh Penulisan Varibel JavaScript:

Kesimpulan
Variabel adalah tempat menyimpan data atau menampung sebuah nilai. Setiap bahasa pemrogramman pasti memiliki aturan dalam penulisan Varibael begitu pula JavaScript.
    Referensi
    https://id.wikipedia.org/wiki/JavaScript
    https://www.w3schools.com

    0 Response to "Tutorial JavaScript Part 4 : Variabel"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel